manfaat daun sirsak

Buah sirsak tidak hanya istimewa buahnya, daunnya pun memiliki banyak manfaat. Manfaat daun sirsak yang paling banyak adalah untuk kesehatan. Bahkan disebut-sebut sebagai bahan alami anti kanker yang paling efektif.

Tak banyak orang yang menyadari akan hal ini, kebanyakan orang hanya akan memanfaatkan buahnya saja. Pada kenyataannya tidak demikian, daunnya juga memiliki khasiat yang tak kalah menariknya.

Kandungan Dalam Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung banyak senyawa yang berfungsi penting untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa senyawa penting dalamĀ  daun sirsak:

  • Acetogenin

Ini merupakan sebuah senyawa yang berperan sebagai sitotoksik tubuh. Acetogenin akan menghambat pertumbuhan sel kanker karena makanan atau energi yang dibutuhkan berupa ATP sudah dihambat.

Selain itu, senyawa ini juga mampu menghambat oksidasi dari enzim membrane plasma dari sel kanker. Dengan demikian, sel kanker pun akan terhambat tumbuh.

  • Adriamycin

Senyawa adriamycin merupakan senyawa yang memiliki fungsi kemoterapi. Fungsi utama senyawa ini menghambat pembelahan DNA dari sel kanker. Senyawa ini juga mampu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

  • Antioksidan

Ada beberapa jenis antioksidan dalam daun sirsak yakni saponin, polifenol, dan bioflavonoid. Antioksidan ini penting untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas pemicu sel kanker.

Dari beberapa komponen senyawa di atas, bisa tergambar apa saja manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

5 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi daun sirsak bisa dilakukan secara langsung atau yang telah diolah dalam bentuk obat-obatan. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

1Membantu Terapi Penyakit Diabetes

Antioksidan saponin, bioflavonoid dan polifenol berfungsi menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Cara konsumsinya biasanya dilakukan dengan direbus dan diminum airnya.

Senyawa dalam daun sirsak mampu meningkatkan produksi hormone insulin agar lebih tinggi melalui sel beta yang ada di organ pankreas.

Manfaat daun sirsak ini sudah cukup dikenal bahkan sering digunakan oleh penderita diabetes sebagai obat tradisional untuk diminum langsung.

2Mengobati Kista

Manfaat daun sirsak yang lainnya adalah menyembuhkan kista pada wanita. Antioksidan yang cukup tinggi dari daun sirsak ini membantu pencegahan tumbuhnya sel kanker kista dan jenis kanker lainnya.

3Sebagai Obat Asam Urat

Mungkin memang benar, asam urat merupakan penyakit yang paling banyak diderita orang Indonesia. Tapi sebenarnya kita tak perlu pusing, karena hal ini dapat diobati dengan daun sirsak yang tubuh subur di negara kita.

Di dalam daun sirsak terkandung beberapa jenis senyawa seperti asam gentisic, acetogenin, caclourin, asam linoleat, dan annomuricin yang mampu berfungsi menyembuhkan penyakit asam urat.

4Menyembuhkan Wasir dan Ambeien

Komponen dalam daun sirsak secara efektif mampu menghentikan pendarahan yang terjadi pada penderita wasir.

Selain itu, juga mampu merilekskan otot-otot yang ada di sekitar area rectum. Pembengkakan pada ambeien sedikit demi sedikit akan bisa dikurangi.

5Menyembuhkan Jerawat dan Komedo

Manfaat daun sirsak juga dirasakan untuk kecantikan. Daun sirsak memiliki sifat antiseptic yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan komedo.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan cara menghaluskan daun sirsak dan menempelkannya pada kulit.

6Menghilangkan Kutu

Sifat antiseptic lainnya yang ada pada daun sirsak sering dimanfaatkan orang untuk menghilangkan kutu di kepala. Apakah Anda sudah mengetahui hal ini?

Di Zaman sekarang mungkin sudah tidak banyak orang yang memiliki kutu pada kepalanya. Namun jika hal itu terjadi, Anda bisa merebus daun sirsak dan kemudian menggunakan air tersebut untuk keramas.

Ternyata manfaat daun sirsak sangat banyak, dan beberapa mungkin kamu baru mengetahuinya. Beberapa penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini seperti misalnya untuk paru-paru, menghancurkan kolesterol dalam darah, mengobati luka dan bisul, mengobati penyakit liver hingga membuat tidur lebih nyenyak.

Jika ingin mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat, saat ini juga banyak tersedia dalam bentuk produk jadi berupa herbal. Jadi bukan lagi obat alami yang langsung dikonsumsi.

Bagi mereka yang tidak telaten merebus daun sirsak atau mengkonsumsinya secara tradisional, obat-obat herbal bisa jadi pilihan.

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan begitu banyak, jadi jika sudah memetik buah sirsak di pohonnya, daunnya jangan dibiarkan. Manfaatkan untuk obat berbagai jenis penyakit tubuh.

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here