Hubsan Zino

Dunia teknologi memang tak pernah mengalami kemandekan dalam perkembangannya. Selalu saja ada inovasi terbaru dengan harga yang semakin murah dan menggiurkan.

Dalam dunia drone (quadcopter) juga begitu, selalu saja perusahaan pembuat drone mengeluarkan tipe drone dengan kelebihan masing-masing yang “meracuni” pecinta drone.

Kali ini Hubsan, sebuah produsen drone yang berlokasi di Nanshan District China mengeluarkan produk teranyarnya yaitu ZINO.

Dengan tagline nya “You are the director of your life” drone tipe ini difokuskan pada pecinta drone yang hobby traveling dan merekam semua kegiatan travel mereka. Bentuknya yang foldable (bisa dilipat) seperti Mavic Air membuat Zino memang pas banget jika diajak traveling.

Baca juga:

Dalam artikel ini, saya akan menginformasikan spesifikasi dan mereview sedikit kelebihan si ZINO dari Hubsan.

1Bentuk dan Dimensi

Bentuk Drone Zino dari Hubsan ini simple serta portable, mirip dengan DJI Mavic Air yang bisa dilipat (foldable) sehingga ringkas dan cocok untuk dibawa kemana-mana.

Dimensi ukurannya adalah  L304.6*W252.4*H90mm dengan beban berat ketika terbang 700g.  Untuk urusan body, dilansir dari laman hubsan bahwa drone Zino ini terbuat dari bahan polycarbonate yang kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk body, Hubsan mengklaim bentuk Zino sangat aerodinamik, sehingga bisa terbang dengan smooth tanpa terkendala dengan masalah angin.

Saat ini yang tersedia warnanya adalah Putih Hitam. Terlihat apik dan manis, dipadukan dengan tulisan HUBSAN Zino di bagian atas membuat drone ini terkesan elegan dan tidak norak.

2Kamera

Dengan  4K Ultra High Definition, kamera Zino bisa menghasilkan kualitas 3840 X 2160 30FPS. Selain itu sensornya yang menggunakan Ambarella sports image processor, diklaim Hubsan dapat menghasilkan gambar bagus meskipun drone mengambil gambar dalam kondisi berlari kencang.

Kelebihan lainnya adalah si Zino ini dapat mengambil 4k panoramic video hanya dengan menekan tombol khusus, sehingga Zino akan berputar 360˚ secara otomatis sambil merekam video.

Menggunakan 3 axis gimbal, tentu saja pengambilan gambar dan video semakin mudah dan maksimal. Untuk trasmisi video dari  pesawat ke  RC atau Smartphone ketika sedang terbang bisa mencapai 1km.

Bagi anda traveller yang pergi sendirian, Zino memiliki fasilitas image tracker mode. Dimana si Zino akan mengenali tubuh kita dan mengikuti kita kemana saja sambil merekam moment yang kita inginkan. Keren kan…

3Baterai dan Durasi Terbang

Soal terbang, si Zino dari Hubsan ini menggunakan Intelligent Battery 11.4V 3000mAh yang dapat melenggang kangkung di udara selama 23 menit. Sejajar lah dengan Mavic Air atau drone lain dengan rentang harga sama. Untuk waktu charging menurut saya tergolong lama, yaitu membutuhkan waktu 1 jam 20 Menit hingga baterai terisi penuh. Sedangkan untuk DJI Phantom 3S saja dengan kapasitas 4480mAh, saya biasanya hanya membutuhkan waktu 60 sampai 70 menit untuk mencharge sampai penuh. Tapi ini mungkin bukan masalah sih, apalagi jika kita punya baterai cadangan.

Spek lainnya sama seperti drone untuk rentang harga 6 jutaan, yaitu Lower Power Failsafe, dimana ini adalah fasilitas keamanan bagi drone jika daya mulai menurun maka si drone akan otomatis kembali landing ke posisi semula, begitu juga fasilitas Loss of Control Failsafe sudah tersematkan di Zino dari Hubsan ini.

4Harga dan Kelengkapan

Harga yang ditawarkan Hubsan dilansir dari laman webnya adalah $369.00 atau setara dengan Rp. 5.500.00 mengacu kurs dollar sekarang Rp. 14 ribu. Bagi yang ingin ekstra baterai, harga menjadi $399.00.

Dengan membeli drone Hubsan Zino, kita akan mendapatkan 1 buah drone dengan kelengkapan sebagai berikut:

  • 1 buah Aircraft
  • 1 buah Intelligent Flight battery
  • 1 buah HT016 Remote Controller
  • 2 buah Propellers (pair)
  • 2 buah propeller screws (pair)
  • 1 buah gimbal protector
  • 1 buah propeller Wrench
  • 1 buah AC Adapter
  • 1 buah Balance Charger
  • 1 buah USB Charger for Aircraft battery
  • 1 jenis USB Charger for transmitter battery
  • 1 jenis RC cable(Lightning connector)
  • 1 jenis RC cable(standard Micro USB connector)
  • 1 jenis RC cable(USB Type-C connector)
  • 1 buku user manual

Itulah tadi sedikit informasi spesifikasi serta review Zino Hubsan. Drone keluaran terbaru dari Hubsan yang digadang-gadang menjadi Next best drone in 2018.