Aplikasi Penghemat Baterai 2019 Terbaik

0
621

Seiring dengan perkembangan teknologi gadget, saat ini banyak smartphone yang telah memiliki teknologi canggih dengan spesifikasi yang baik. Contoh saja layar yang semakin lebar, adanya fungsi dual simcard 3G/4G dan juga kapasitas tempat penyimpanan yang semakin besar.

Tapi sayangnya, semakin banyak fitur dan canggihnya produk smartphone, semakin boros pula pemakaian baterai. Hal ini tentu saja membuat masalah, apalagi bagi mereka yang sering menggunakan smartphone untuk kepentingan utama yaitu nelpon, browsing dan ber medsos.

Untungnya, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat baterai smartphone.

Dibawah ini akan kita bahas beberapa aplikasi penghemat baterai yang kami susun berdasarkan rating di google play store.

Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai

1Kaspersky Battery Life

Agak aneh memang jika kita sekilas melihat nama aplikasi ini. Soalnya, kaspersky selama ini dikenal sebagai program antivirus terbaik untuk PC dan Laptop. Tetapi kali ini kaspersky meluncurkan aplikasi penghemat baterai yang hingga saat ini (maret 2019) mendapatkan rating tertinggi 4.7 di google play store.

Tentu rating tinggi ini adalah salah satu indikator bahwa aplikasi ini memang bagus dan digemari para pengguna smartphone.

Aplikasi ini memberitahukan kita beberapa program yang memakan banyak daya dan membuat daya baterai cepat habis. Dengannya kita bisa menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.

Adanya fitur widget juga membuat kita dengan cepat menonaktifkan aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai.

Baca juga: Aplikasi video bokeh 2019

2DU Battery Saver Pro – Battery Charger

DU Battery saver adalah salah satu aplikasi penghemat baterai yang banyak digandrungi pengguna android sejak tahun lalu. Dan hingga kini masih juga mendapatkan respon positif dengan rating 4.5 dari 13 juta pengguna.

Beberapa kelebihan dari DU Battery Saver ini adalah kemampuannya yang diklaim mampu membuat penghematan hingga 60%, di samping adanya fitur informasi efektifitas baterai kita ketika dipakai.

Fungsi lain yang tak kalah penting adalah adanya fasilitas pengukuran temperatur smartphone. Dengan fitur ini maka ketika smartphone kita dalam kondisi panas, aplikasi akan memberitahu kita untuk menutup aplikasi mana saja yang harus ditutup agar smartphone menjadi dingin. Dan tentu saja hal ini akan membuat baterai berumur panjang.

3Battery Doctor – Battery Life Saver & Battery Cooler

aplikasi penghemat baterai

Aplikasi penghemat baterai besutan Cheetah Mobile Inc ini sebenarnya memiliki fitur hampir sama dengan aplikasi penghemat baterai pada umumnya. Hanya saja dengan jumlah review positif hingga 8 juta, tentu saja ini memberikan indikasi bahwa aplikasi ini memiliki kelebihan.

Kelebihan Battery Doctor adalah memiliki tingkat akurasi yang baik dalam memberikan informasi sisa baterai, menonaktifkan aplikasi meskipun dalam posisi layar mati, fasilitas penjadwalan mode power saving dari mode work/class/sleep. Selain itu Battery Doctor ini telah support 28 bahasa dan salah satunya adalah Bahasa Indonesia.

4Power Battery

Aplikasi penghemat baterai besutan lionmobi ini memiliki fitur yang bisa dibilang komplit. Selain fungsi 1 kali sentuh untuk mengoptimasi aplikasi yang berjalan agar menghemat baterai, juga kemampuannya mengoptimalkan baterai di balik layar (background).

Memiliki pengingat ketika baterai berada pada level 40% dan 20% sehingga kita bisa memilih apakah smartphone akan dipakai atau dicas dulu. Fitur lain seperti kebanyakan aplikasi penghemat baterai adalah adanya fitur fast charging dengan 3 mode. Yaitu mode Speed, Continuous dan Trickle mode.

Baca juga: cara screenshot di laptop termudah

Selain itu, Power Battery ini memiliki fitur memory booster untuk melegakan memory smartphone dan system junk cleaner yang berfungsi membersihkan smartphone dari file tidak bermanfaat.

5Battery Saver 2019

Aplikasi penghemat baterai selanjutnya adalah battery saver 2019. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, karena besarnya file yang akan didownload hanya 2.8 mb. Meskipun begitu ketika sudah terinstall tampilannya tetap modern dan cool.

Untuk urusan charging, ada 3 pilihan untuk mem boost proses charging yaitu Speed, Continuous dan Drip. Dan diklaim, urusan charging dengan menggunakan aplikasi ini bisa mempercepat pengisian baterai hingga 30%.

Aplikasi ini selain bisa digunakan di smartphone android juga bisa dipakai di tablet.


Dari sekian banyak aplikasi penghemat baterai, saya hanya menampilkan 5 saja. Hal ini karena rata-rata aplikasi tersebut memiliki fitur yang sama dan tak berbeda jauh dengan lainnya.

Saya sendiri lebih sreg dengan kaspersky battery life, karena terintegrasi dengan kaspersky internet security yang saya butuhkan untuk mengamankan smartphone saya dari virus dan lainnya. Soalnya saya kan hobi browsing dan install aplikasi, dan itu rawan jika kita install aplikasi di luar app store.

Baca juga: arti man jadda wajada